Rabu, 19 Oktober 2011

RENCANA STRATEGIS UKS SMP NEGERI 4 SINGARAJA


Kebijakan SMP Negeri 4 Singaraja Tentang Pelaksanaan UKS
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, Bangsa dan Negara.
Pendidikan Nasional berungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah, dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Maka SMP Negeri 4 Singaraja berkomitmen untuk melaksanakan Usaha Kesehatan sekolah sebagai salah satu wadah dan program yang efisien untuk membentuk, meningkatkan dan menjaga derajat kesehatan peserta didik sejak dini.
Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan ruang lingkup tiga program pokok UKS (Trias UKS) yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat menjadi pedoman SMP Negeri 4 Singaraja dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah. Dalam hal Ini SMP Negeri 4 Singaraja membentuk 12 Pokja UKS yang merupakan pengejewantahan dari pelaksanaan Trias UKS.

1.      Pendidikan Kesehatan
a.       Kelompok Remaja Pelopor Pendidikan Kesehatan
b.      Kelompok Remaja Pelopor Informasi Sehat
c.       Kelompok Remaja Kriya Sehat

2         Pelayanan Kesehatan
b.      Kelompok Remaja Pelopor Pelayanan Kesehatan
c.       Kelompok Remaja Pelopor Prilaku Hidup Sehat
d.      Kelompok Remaja Pelopor Kantin Sehat
e.       Kelompok Remaja Pelopor Perbakian Gizi
f.       Kelompok Remaja Pelopor Spiritual Sehat
g.      Kelompok Remaja Pelopor Olah Raga Sehat

2.      Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat
a. Kelompok Remaja Pelopor Peduli Lingkungan
b.Kelompok Remaja Pelopor Pengolahan Sampah dan Limbah
c. Kelompok Remaja Pelopor Toga dan Pangan

Dari pelaksanaan kedua belas Pokja tersebut diatas yang melibatkan seluruh siswa serta guru dan pegawai sebagai pembina bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta didik dan seluruh warga sekolah tentang kebiasaan hidup bersih dan kesehatan diri maupun lingkungan, sehingga hal ini dapat menjadi motivasi dan membentuk siswa menjadi pelopor-pelopor dibidangnya, sehingga nanti mereka akan tergabung dalam KKR (Kader Kesehatan Remaja) yang merupakan ujung tombak dari pelasanaan UKS.
Selain 12 Pokja UKS, pelaksanaan UKS di SMP Negeri 4 Singaraja  juga didukung oleh lembaga pendukung ekstern sekolah seperti; Puskesmas, PMI, Desa Adat, PKK dan Polsek. Serta organisasi pendukung intern sekolah seperti; semua kegiatan pengembangan diri baik ekstra pilihan wajib maupun ekstra pilihan bebas seperti KSPAN, KSPL, PMR, dan Pramuka memiliki peranan penting dalam pelaksanaan UKS di SMP Negeri 4 Singaraja
Dengan Komitmen dan usaha tersebut diatas, derajat dan kualitas kesehatan peserta didik, warga sekolah serta lingkungan sekolah dapat tercapai dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar