Rabu, 19 Oktober 2011

SUMBER DAYA UKS

Sarana Prasarana UKS
Gedung
           Dengan bantuan orang tua/wali murid, masyarakat dan pemerintah kami mengusahakan berupaya untuk mewujudkan gedung-gedung yang memadai untuk kelancaran kegiatan pembelajaran. Dalam pembangunannya kami lakukan pembangunan gedung yang berwawasan lingkungan dengan penataan sedemikian rupa sehingga tercipta lingkungan yang sehat, serasi, indah dan alami serta menyenangkan bagi seluruh warga sekolah, sehingga semua siswa, guru dan pegawai merasa betah berada di sekolah selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Adapun sarana gedung yang telah kami usahakan untuk mendukung terwujudnya lingkungan sekolah sehat yaitu :
-          Padmasana
Padmasana dengan luas 212 m2  dan berada di halaman terbuka. Dibagi menjadi 2 bagian yaitu Utama Mandala dan madya Mandala. Dan dengan pohon peneduh, berbagai tanaman upakara dan tanaman hias sehingga menciptakan suasana yang nyaman bagi siswa dalam melaksanakan persembahyangan

-          Ruang Kepala Sekolah
Ruangan ini berukuran 4 m x 6 m yang dindingnya dicat dengan warna putih , berlantaikan keramik, cukup ventilasi, penerangan, bersih dan indah berkat penataan perabotan yang sedemikian rupa serta dilengkapi dengan telepon, mesin fax,  gambar hiasan dinding dan perlengkapan lainnya.
-          Ruang Wakil Kepala Sekolah ( ada di ruangan guru)
Ruangan ini berada di ruangan guru  dengan cat warna putih  berlantaikan keramik warna putih dengan ventilasi dan penerangan yang cukup, bersih, indah dan nyaman.
-          Ruang Kepala Bidang Urusan ( ada di ruang Guru)
Ruangan ini berukuran 5m x 6m yang  dinding berwarna putih, berlantaikan keramik, ventilasi yang cukup sehingga menimbulkan suasana yang bersih indah dan nyaman.
-          Ruang Tata Usaha
Ruangan ini bersebelahan dengan Ruang Kepala Sekolah .Ukurannya 12 m x  7 m dengan dinding warna putih dilengkapi, cukup ventilasi  dan penerangan, bersih, dan penataan meja pegawai serta struktur dan administrasi yang sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang nyaman.
-          Ruang Tamu
Ruangan ini berukuran 8 m x 4 m dengan cat warna putih  berlantaikan keramik putih dengan ventilasi dan penerangan yang cukup, dilengkapi dengan telepon , serta meja segiempat untuk rapat stsf Kepala Sekolah, serta penataan kursi dan meja untuk menerima tamu sehingga menciptakan suasananya sejuk, bersih, nyaman dan menyenangkan.
-          Ruang guru
Ukuran ruang guru adalah 291 m2, dengan dinding warna putih, ventilasi, penerangan yang cukup, bersih yang dilengkapi dengan meja untuk masing-masing guru. Dan satu unit komputer  lengkap dengan Printer untuk menunjang kinerja guru.
-           Ruang belajar/kelas
Ruang belajar/kelas masing-masing berukuran 7 x 9 m sebanyak 15 ruangan, dengan penataan bangku yang sedemikian rupa, dengan plangkiran di setipa ruangan ,ventilasi cukup, penerangan serta lengkap dengan struktur administrasi kelas dan juga hiasan dinding.
-          Ruang UKS
Ruangan ini berukuran 44m yang dindingnya dicat warna hijau muda dengan kombinasi hijau tua, berlantaikan keramik, cukup pentilasi, penerangan, bersih, dan indah. Fasilitas UKS terdiri dari Pol umum,  mata, ruang informasi, sudut gizi, ruang tunggu dan segala peralatan serta administrasi UKS
-          Ruang Laboratorium IPA
Ruang ini dengan ukuran 210 m2, dengan dindingnya berwarna putih , ventilasi dan penerangan cukup, wastafel, serta penataan alat-alat laboratorium, dan ditunjang dengan LCD projector, jaringan intercom yang ditata secara rapi sehingga menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa.
-          Ruang Lab. Komputer
Ruang lab komputer berukuran 9 m x 7 m di lantai atas sebelah timur, dengan dinding warna putih  serta ventilasi dan penerangan yang cukup, berlantai keramik beralaskan karpet, dengan dilengkapi jaringan internet, LCD Projector, jaringan intercom ,sehingga membuat suasana nyaman, bersih dan kondusif untuk kegiatan pembelajaran
-          Ruang Perpustakaan
Ukurannya 163 m2 dengan tembok warna putih , yang dilengkapi dengan rak dan almari untuk memajang koleksi buku-buku dan penataan meja untuk membaca yang diatur sedemikian rupa, ventilasi dan penerangan yang cukup sehingga kelihatan lebih nyaman, bersih dan menciptakan suasana yang kondusif bagi siswa.
-          Ruang Bimbingan dan Konseling
Ruangan yang bersebelahan dengan ruang UKS ini,  berukuran 34 m2 dengan dinding warna hijau muda dengan kombinasi hijau tua , serta ventilasi dan penerangan yang cukup sehingga lebih bersih dengan penataan ruangan yang sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang nyaman.
-          Ruang Keterampilan
Ruang ini berukuran 272 m2 dengan dinding warna krem dengan ventilasi dan penerangan yang cukup dan penataan hasil karya seni siswa dengan baik sehingga suasananya menjadi lebih indah, bersih dan nyaman. Selain itu ruangan dimanfaatkan sebagai ruangan pameran hasil karya siswa.
-          Ruang OSIS
Ruangan ini satu bangunan dengan ruang belajar/kelas yang berukuran 69 m2 dengan dinding warna putih  dilengkapi dengan struktur organisasi OSIS, program kerja OSIS, dan cukup ventilasi dan penerangan, sehingga tampak bersih dan nyaman.
-          Ruang Komite
Ruang ini berukuran 4 m x 3 m dengan cat warna krem, cukup ventilasi, penerangan, sejuk, bersih dan nyaman.
-          Ruang Sekretariat Pramuka dan PMR
Ruangan ini berukuran 4m x 3m dengan cat warna krem, cukup ventilasi, penerangan dengan penataan ruangan dengan struktur organisasi pramuka dan PMR sehingga menciptakan suasana yang bersih dan nyaman.
-          Ruang Sarana Olah Raga
Ruang ini berukuran 3 m x 5 m dengan cat warna putih berlantaikan semen dipergunakan untuk menyimpan alat-alat olah raga, cukup ventilasi dan penerangan, bersih, sejuk, indah dan menyenangkan.
-          Koperasi Konsumsi Sekolah
Ukurannya 8 m x 3,5 m dengan cat warna krem cukup ventilasi dan penerangan, berlantaikan keramik dan penataan yang baik sehingga menimbulkan kesan yang sejuk, bersih, dan nyaman.
-          Ruang Gudang Alat
Dapur memiliki luas dengan ukuran 20 m2 dengan cat warna putih berlantaikan semen, dilengkapi dengan perabotan dapur lainnya, cukup ventilasi dan penerangan, bersih dan nyaman
-          Pos SatPam
Pos ini berukuran 9m2 yang berlantaikan keramik dengan tembok setinggi pinggang orang dewasa, dengan penataan yang sedemikian rupa sehingga menciptahan suasana yang bersih dan nyaman bagi petugas jaga.
-          Kantin Sekolah
Ukurannya 35 m2 terdiri dari 3 tempat di dalam lingkungan sekolah , berlantaikan keramik, ventilasi dan penerangan yang cukup, dilengkapi dengan wastafel untuk cuci piring di dalam kantin dan juga wastafel untuk anak mencuci tangan bagi siswa, sehingga selalu tampak  bersih, indah dan nyaman.
-          Bale Bengong
-          Ukuranya 29 m2 ada 2 buah di dalam lingkungan sekolah ada 3 Bale Bengong yaitu :
-          Bale Dharmavidya yang bermakna bale utnuk menimba ilmu, di bale ini biasanya terdapat meja panjang dengan kursi sebagai tempat berlangsungnya pemantapan setiap akan lomba, dipakai belajar berkelompok oleh siswa, dan dipakai menerima tamu yang akan mengadakan penelitian di sekolah.dengan suasana terbuka membuat setiap orang yang belajar di ruangan ini nyaman, tidak sumpek.
-           Bale Dharmadara yang bermakna terpilih , dimana bale ini menjadi pilihan untuk melaksanakan kegiatan seperti, metanding banten setiap purnama tilem dan mejejahitan, dengan ditempatkan seperangkat meja kursi beton untuk kegiatan latihan siswa yang sedang melaksanakan pemantapan dalam bidang prestasi akademik ( yang mau lomba) dengan suasana yang nyaman diantara pepohonan Toga dan taman telajakan , bale ini menjadi pilihan siswa dan orang tua siswa yang lagi bersantai beristirahat.
-          Dan Bale bengong yang satunya yang berada di depan Lab IPA adalah Bale Dharmadesana yang bermakna keunggulan , di bale ini dipergunakan untuk latihan pesantian, latihan catur, persiapan penerbitan mading . tempatnya yang strategis membuat fungsi bale ini begitu banyak .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar